Liputan Acara UCEO Solo, 13 Juni 2014

Event Comunity UCEO kali ini terasa lebih seru dengan kehadiran 77 peserta dari berbagai daerah yang memeriahkan acara bertema "Menciptakan Peluang Bisnis Berskala Nasional". Pembicara untuk gathering yang diadakan di Solo pada hari Jumat, 13 Juni 2014 yaitu Hadi (Founder Pentol Arcip) dan Antonius Tanan. Acara yang diadakan di Che-Es Resto dimulai dengan registrasi peserta dan acara foto inspirasi di booth UCEO. Berfoto dengan membawa sebuah papan berisi kata inspiratif, diharapkan para peserta dapat lebih terinspirasi untuk menjadi entrepreneur yang lebih unggul.

Acara dibuka pada pukul 18.00 WIB dengan perkenalan singkat tentang UCEO  oleh MC dan UCEOx Solo oleh Timmy Aesak sebagai perwakilan UCEOx Solo. Setelah itu dilanjutkan dengan pembicara pertama oleh Hadi (Founder Pentol Arcip) bercerita secara singkat bagaimana dia bersama 2 teman kuliahnya membangun Pentol Arcip hingga memiliki 16 cabang yang tersebar hingga Papua. Hadi Kurniawan mengaku sudah gagal 5 kali setelah mencoba berbagai usaha, dan yang sekarang ditekuni adalah bisnis pentol. "Orang bilang ini bisnis remeh, kami bilang ini Bisnis Luar Biasa." Ujar Hadi. Justru pada bisnis yang orang lain remehkan, Pentol Arcip melihat peluang besar dalam bisnis ini. Dengan tekad dan kerja keras serta beberapa tips dari pelajaran entrepreneur dari Universitas Ciputra, mereka telah mendapat beberapa penghargaan baik di dalam maupun di luar negeri.

Direktur Senior Ciputra Antonius Tanan juga memberikan presentasi yang luar biasa, salah satunya adalah materi "3K". Dari pengamatan Bapak Anton ada 3 masalah utama dalam UMKM, yaitu Kualitas, Konsistensi dan Kapasitas. Masalah yang pertama adalah kualitas produk atau jasa sering kali diremehkan. Salah satu tips dari Bapak Anton adalah Ajak rekan bisnis Anda untuk ikut ambil peran dalam menjaga kualitas produk, setelah kualitas tercapai, masalah yang sering dijumpai pula adalah masalah konsistensi. "Saat Anda mencapai kualitas optimum pada produk Anda, lakukan berulang kali sampai kualitas itu dapat Anda jaga secara konsisten." Jelas Antonius. Masalah yang ketiga adalah masalah kapasitas. Pada masalah yang ketiga ini, Antonius Tanan menjawab melalui contoh kasus langsung dari permasalahan peserta. Sukron, salah satu peserta event UCEO di Solo memiliki perusahaan beton cor dan beberapa hari yang lalu menerima orderan hingga 3 kali lipat kuantitas produknya. Dari    permasalahan ini ada 3 solusi, yang pertama adalah menerima orderan dengan melemburkan pekerja dan berusaha semaksimal mungkin, solusi kedua adalah berkata jujur kepada klien bahwa ia hanya sanggup memenuhi sebesar yang ia mampu dan solusi yang ketiga adalah dengan mengajak rekan kerja yang seprofesi untuk membantu Bapak Sukron menyanggupi kuantitas yang dipesan dan tetap kualitas Bapak Sukron yang mengawasi. Para peserta yang lain pun mulai terbuka akan solusi yang ketiga, bahwa ada solusi yang tidak hanya win-win solution tetapi juga bisa win-win-win solution.

Di akhir acara terdapat pengundian doorprise bagi yang membawa kartu nama, setelah itu  para peserta UCEO di Solo berfoto bersama di depan panggung dengan mengucapkan salam entrepreneur. Acara makan-makan pun berjalan dengan santai setelah acara ditutup oleh Shinta Rossaline.

Acara pun dibuka pada pukul 19.00 Wib oleh MC dan perkenalan singkat tentang UCEO dan dilanjutkan dengan oleh perwakilan UCEO wilayah Solo dan sekitarnya. Para UC Onliner yang ingin memberikan aspirasi ataupun mengajukan ide acara di Solo dapat pula menghubungi saudara Timmy di nomor 083865640338. (BA)