10 Pantai Terindah dengan Potensi Terbesar di Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, terdiri atas 17.504 pulau baik pulau kecil maupun pulau yang besar. Bahkan, luas lautan Indonesia mencapai 5,8 juta km2. Tidak heran jika Indonesia dipenuhi pantai-pantai yang sangat indah. Diseluruh Indonesia tersebar pantai-pantai cantik yang memukau dan memanjakan mata. Tentu saja pantai-pantai berikut adalah pantai-pantai terindah dengan potensi yang sangat besar di Indonesia.

1. Pantai Senggigi, Lombok

Pantai ini terletak di sebelah barat pesisir Pulau Lombok. Meski tidak sebesar Pantai Kuta di Bali, Pantai Sengigi dapat disandingkan keindahannya. Hamparan pasir putih sangat memanjakan mata Anda. Di Pantai Sengigi, Anda bisa snorkeling atau sekedar berjemur untuk bersantai. Anda juga bisa menyempatkan waktu untuk mengunjungi Pura Batu Bolong yang dibangun di atas karang. Menurut legenda, pura ini merupakan tempat persembahan wanita perawan kepada ikan Hiu. Setelah matahari tenggelam, banyak orang yang mengubur tubuh ke dalam pasir Pantai Sengigi karena dipercaya berkhasiat menyembuhkan penyakit.

2. Pantai Kuta, Bali

Siapa yang tidak mengenal pantai ini. Pantai Kuta merupakan pantai yang sangat terkenal di Indonesia dan telah mendunia. Di pantai ini, Anda dapat berselancar karena ombaknya yang kuat. Pantai Kuta dijuluki pantai matahari terbenam (Sunset Beach) karena pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Di sepanjang jalan Pantai Kuta, banyak pusat hiburan yang sangat ramai setelah matahari tenggelam.

3. Pantai Pangandaran, Jawa Barat

Pantai ini dijuluki pantai tercantik di Pulau Jawa. Pantai ini terletak di Desa Pananjung, 92 km dari kota Ciamis. Hal paling istimewa di Pantai Pangandaran, Anda dapat menikmati matahari terbit dan matahari tenggelam di tempat yang sama. Selain itu, Anda dapat mengunjungi berbagai macam goa seperti Goa panggung, Goa Parat, Goa Sumur Mudal, Goa lanang dan lain-lain.


4. Pantai Parai Tenggiri, Bangka Belitung

Pantai ini terletak di daerah Sungai Liat. Perjalanan dari Pelabuhan Pangkal Balam atau Bandara Depati Amir dibutuhkan waktu kira-kira 45 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor saja. Meski sangat sulit dijangkau, para turis dan backpacker sangat tertarik untuk mengunjungi tempat ini.



5. Pantai Parangtritis, Yogyakarta

Pantai Parangtitis adalah pantai paling terkenal di Yogyakarta. Pantai Parangtritis terletak 27 km selatan Kota Yogyakarta. Pantai Parangtritis merupakan pantai yang penuh mitos, diyakini merupakan perwujudan dari kesatuan trimurti yang terdiri dari Gunung Merapi, Kraton Yogyakarta dan Parangtritis.

 

 

6. Pantai Bunaken, Manado

Pantai Bunaken merupakan salah satu dari kumpulan pulau dalam Taman Nasional Bunaken. Pantai Bunaken terletak Teluk Menado, Sulawesi Utara. Anda bisa menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling atau diving. Salah satunya adalah adanya dinding terumbu karang yang disebut underwater great wall.


7. Pantai Pelabuhan Ratu, Jawa Barat

Pantai ini terletak di 60 km ke arah Kota Sukabumi. Pantai ini dikenal memiliki ombak yang sangat kuat dan karena itu berbahaya bagi perenang pantai. Topografinya berupa perpaduan antara pantai yang curam dan landai, tebing karang terjal, hempasan ombak, dan hutan cagar alam. Masyarakat pantai selatan khususnya Pelabuhan Ratu percaya adanya penguasa laut selatan yaitu Ratu Kidul. Konon, ia adalah seorang ratu yang cantik bagai bidadari. Di Laut Selatan – nama lain dari Samudra Hindia – sebelah selatan Pulau Jawa, ia bertahta pada sebuah kerajaan makhluk halus yang besar dan indah.

8. Pantai Sanur, Bali

Pantai ini terletak di sebelah timur kota Denpasar. Pantai indah ini sering dijadikan lokasi untuk surfing oleh wisatawan mancanegara. Selain itu, wisatawan biasanya mengunjungi Museum Le Mayeur. Pantai ini sangat sesuai untuk menyaksikan matahari terbit karena lokasinya di bagian timur. Sedangkan Pantai Kuta sesuai untuk melihat matahari terbenam.

 

9. Pantai Dreamland, Bali

Transient

Pantai Dreamland terdapat di kompleks Bali Pecatu Graha ( Kuta Golf Link Resort ) yaitu sekitar 30 menit dari Pantai Kuta, adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak di sebelah selatan Bali di daerah bernama Pecatu. Dahulu pantai ini merupakan proyek perumahan dan tempat pariwisata namun berhenti di tengah jalan.


10. Pantai Raja Ampat, Papua Barat

Pantai ini merupakan taman laut terbesar di Indonesia dan memiliki kekayaan biota laut terbesar di dunia. Hampir 75% jenis terumbu karang di dunia berada di Raja Ampat. Pantai ini merupakan pantai yang sudah mulai terkenal karena keindahannya. Karena keindahan bawah lautnya, Pantai Raja Ampat sering digunakan sebagai diving spot.

Demikian daftar pantai terindah di Indonesia. Semoga UC Onliners tertarik untuk mengunjungi salah satu. Salam Entrepreneur !

Kuliah Gratis: Bisnis Model Kanvas

Memiliki usaha sendiri yang sukses tentunya merupakan hal yang diidamkan oleh banyak orang. Sayangnya membuat suatu usaha menjadi sukses bukanlah hal yang mudah. Banyak aspek dalam sebuah bisnis yang perlu direncanakan dengan baik dan secara terperinci sehingga terbentuk model bisnis yang menjanjikan keuntungan.

Dengan mengikuti pembelajaran mengenai BMC ini, diharapkan UC-Onliners dapat memahami kegunaan model bisnis yang baik, bagaimanakah cara membuatnya, serta dapat mempraktekkan secara langsung untuk digunakan dalam menjalankan bisnisnya.