5 Peran Penting Terumbu Karang

Transient

Terumbu karang adalah mahluk hidup yang sangat penting di dunia, namun hnaya sedikit orang yang menyadari pentingnya terumbu karang bagi ekosistem maupun manusia. Menjaga termbu karang sama pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh, menjaga pohon dan menjaga alam, karena hampir setengah makanan manusia brasal dari laut juga. Berikut mari kita bahas bagaimana pentingnya terumbu karang bagi sekitar :

  1. Terumbu karang adalah “pohon” bagi lautan. Jika kita melihat bagaimana pohon melindungi hewan sebagai tempat berlindung, karangpun sama. Terumbu karang merupakan tempat berlindung bagi banyak hewan laut selain itu juga berkembang biak, dan tempat tinggal. Sedangkan fakta lain yaitu terumbu karang merupakan tempat biodiversitas tertinggi yang ada di muka bumi, yang artinya bahwa setiap km persegi terumbu karang dihuni oleh species mahkluk hidup paling banyak daripada hutan, ataupun tempat habitat lain. Namun ada sedikit perbedaan dengan pohon. Pohon dapat menghasilkan oksigen langsung yang dapat digunakan oleh mahkluk hidup, sedangkan terumbu karang membutuhkan tumbuhan laut untuk memproses ulang komponen yang inorganik seperti fosfat, nitrat, dan karbon dioksida untuk keperluan simbiosis mahkluk hidup lain.
  2. Tempat pariwisata. Terumbu karang memiliki warna yang begitu cantik, dan bentuk yang tidak baku atau sama setiap karangnnya. Karena warna yang indah inilah membuat beberapa orang menyukai keindahan lautan. Fakta di lapangan dari 800+ species terumbu karang yang ada di dunia, hampir setengahnya ada di Indonesia. Sehingga tempat diving di Indonesia menjadi terkenal dan dicari banyak orang. Karena fakor inilah membuat peningkatan devisa negara melalui pariwisata. Contohnya tempat diving dengan terumbu karang cantiknya adalah raja ampat, dan lain lain.
  3. Meningkatkan Perekonomian. Meningkatkan perekonomian karena dengan mudah kita bisa menemukan banyak ikan di dalam terumbu karang. Mempercepat proses berkembang biak ikan sehingga akan lebih banyak ikan pula yang akan dihasilkan, tentu petani ikan akan sangat senang dan meningkatkan perekonomian laut. Selain itu karena banyaknya biodiversivikasi sehingga menghasilkan daya tahan lebih tinggi karena aneka ragaman jenis species yang membuat adanya kemungkinan untuk ditemukan obat-obatan baru dari jenis ikan yang baru pula. Jenis kosmetik, sabun dan senyawa kimia lainnya untuk obat anti kangker juga diperoleh dari terumbu karang, namun masih banyak misteri yang belum digali hingga saat ini.
  4. Pelindung Pantai. Tidak banyak orang menyadari bahwa terumbu karang memiliki peranan besar dalam melindungi pantai. Saat ada ombak besar datang maka terumbu karang adalah satu satunya yang pertama kali menghadang kekuatan itu, baru diikuti oleh tumbuhan laut dan penghalau buatan lainnya. Jika terumbu karang dirusak dan banyak diambil maka kemungkinan abrasi pantai akan lebih tinggi selain itu kemungkinan ancaman tsunami juga meningkat. Karena itulah kita patut menjaga terumbu karang dmei kelangsungan dan perlindungan pantai.
  5. Sarana Penelitian dan Pendidikan bagi Masyarakat. Terumbu karang merupakan species yang mengambil tempat penting di lautan sehingga penting bagi manusia menjadi objek penelitian. Untuk anak sekolah terumbu karang sendiri menjadi tempat yang cocok sebagai sarana pembelajaran karena letaknya yang ada di perairan dangkal dan pastinya banyak ikan juga akan tinggal disana. Melestarikan terumbu karang bisa menjadi salah satu pembelajaran juga bagi masyarakat karena dengan belajar melindungi alam kita sudah membantu menciptakan lingkungan yang aman bagi species tertentu.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Terumbu_karang
http://oceanservice.noaa.gov/oceans/corals/ http://oceanservice.noaa.gov/oceans/corals/
http://www.icriforum.org/about-coral-reefs/benefits-coral-reefs

Kuliah Memulai Usaha, GRATIS

Ketika kita hendak memulai usaha bisnis darimana kita terlebih dahulu memulainya? DR (HC). Ir.Ciputra pernah berkata “lebih baik kita bertengkar selama masa perencanaan daripada bertengkar selama masa pelaksanaan” dengan kata lain tuntaskan sebanyak mungkin pertanyaan dan permasalahan usaha bisnis sebelum usaha tersebut dilakukan. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah "Berburu Peluang Usaha" dan UCEO telah mempersiapkan pembelajaran ini secara gratis untuk siapapun Anda dan dimanapun Anda berada.