10 Tips Menghemat Energi Dalam Rumah

Image Credit: http://www.samsung.com

Image Credit: http://www.samsung.com

Di saat kondisi globalisasi semakin hebat, ada kalanya kita harus mulai memperhatikan bagaimana mengurangi dan membantu sesama untuk menghemat energi. Jika menghemat energi dengan cara biasa sudah membosankan, mungkin UC Onliners harus mencoba beberapa cara berikut :
1.    Menggunakan Oven Halogen
Di Indonesia oven halogen mungkin jarang terdengar, namun ternyata oven ini terbukti lebih efektif dari oven konvensional. Dengan menggunakan oven halogen selama 30 menit untuk menghangatkan ayam akan menghemat 75% listrik daripada oven biasa. Meskipun memakan waktu lebih lama karena menggunakan system pemanasan lampu halogen, namun membeli oven jenis halogen adalah pilihan tepat untuk menghemat penggunaan listrik anda.
2.    Menutup Cerobong Asap
Beberapa rumah yang menggunakan cerobong asap akan menyerap panas di musim panas. Namun bagi rumah yang tidak menggunakan cerobong asap rasanya tidak jadi masalah. Menggunakan penutup cerobong asap akan mengurangi panas yang masuk dan mengurangi penggunaan pendingin ruangan.
3.    Menggunakan Energy Saver
Kita bisa menemukan dengan mudah di toko swalayan terdekat atau toko listrik yang menjual alat energy saver ini. Penggunaan energysaver yang benar bisa menurunkan listrik hingga 10x lebih efisien daripada tanpa energy saver. Alat ini bekerja dengan mengoptimalkan listrik yang ada pada peralatan yang tidak membutuhkan energy listri besar
4.    Menggunakan Tanaman
Menanam kebiasaan yang sangat baik bagi manusia. Selain dapt menghijaukan dan meningkatkan oksigen, tanaman dapat mengurasi efek panas khususnya di negara tropis seperti Indonesia. Jika anda menanam pohon dengan daun lebat disekitar rumah anda, tentunya akan mengurangi cahaya matahari yang masuk dan menyejukkan ruangan rumah anda.
5.   Menggunakan Shower
Bagi sebagian orang, shower adalah alat mandi hanya untuk kalangan kelas atas. Padahal hal ini tentu jelas salah. Penggunaan shower dapat mengurangi penggunaan air dan meningkatkan efisiensi hingga 50x lipat. Tentu bagi yang merasa penggunaan air terlalu banyak harus memiirkan penggunaan shower. Lagipula shower dapat memudahkan anda saat mandi, kenapa tidak dicoba ?
6.    Menggunakan Solar Energy
Saat ini teknologi solar energi yang sekarang sudah diciptakan namun belum bisa diproduksi secara massal untuk semua kalangan masyarakat. Bagi perkantoran penggunaan solar energy dapat mengurangi biaya listrik dan meningkatkan keuntungan anda. Tentu investasi jangka panjang ini harus dipikirkan baik-baik karena akan berdampak positive juga bagi lingkungan.
7.    Eco Lighting
Penggunaan eco lighning maksudnya adalah menggunakan lampu jenis LED. Penggunaan lampu jenis LED dengan 7 watt sudah setara dengan lampu konvensional 15 watt. Bayangkan LED selain mampu menghemat hingga setengah dari lampu, LED juga mudah untuk didaur ulang. Jika ada 1000 lampu di kantor anda kira-kira berapa watt yang bisa dihemat ?
8.    Penggunaan Alat Rumah Tangga yang Efisien
Saat ini sudah banyak peralatan rumah tangga yang didesain lebih kreatif, contohnya adalah setrika dengan uap. Menggunakan strika dengan uap akan menghemat banyak waktu anda dan memudahkan pekerjaan rumah daripada memanaskan setrika konvensional yang memberikan resiko kebakaran. Penggunaan elektrik timer juga memudahkan. Alat ini berguna memutuskan aliran listrik sesuai timer. Tentu sangat memudahkan buat anda yang sering lupa mencabut charger handphone.
9.    Biarkan Cahaya Matahari Masuk
Rumah yang sehat adalah rumah yang memiliki ventilasi dan pencahayaan yang baik. Membiarkan cahaya matahari masuk dapat menghemat penggunaan listrik penerangan sekaligus menyehatkan rumah anda.
10.    Membandingkan Penggunaan
Untuk beberapa alat rumah tangga, sudah ada beberapa pilihat yang bisa anda gunakan seperti kompor listrik atau kompor gas. Menggunakan pemanas listrik atau pemanas gas, maupun menggunakan baterai konvensional dan baterai isi ulang. Jika dirasa menggunakan kompor gas dengan jumblah sedikit lebih menghemat biaya, jangan biarkan rumah anda menggunakan kompor listrik. Cara ini adalah yang paling efisien karena anda dapat mengkontrol biaya di rumah anda.


Sumber :

  • http://www.consumerenergycenter.org/transportation/consumer_tips/index.html
  • http://www.goodhousekeeping.com/home/green-living/energy-saving-tips#slide-2
  • http://www.energysavingtrust.org.uk/Take-action/Energy-saving-top-tips
  • http://energy.gov/energysaver/articles/energy-savers-guide-tips-saving-money-and-energy-home
  • http://www.telegraph.co.uk/finance/personalfinance/consumertips/household-bills/9611963/Ten-energy-saving-tips-you-havent-heard-before.html?frame=2370059