3 Strategi Menaikan Harga Produk Anda

Dari 28 juta startup business , 21 juta diantaranya masih belum mencapai titik BEP.  Mengapa masih banyak dari mereka yang mengalami kerugian? Alasan pertama yang paling banyak dan ternyata sangat simple adalah karena harga produk mereka yang terlalu rendah. Mereka takut menaikan harga sedangkan harga yang mereka jual masih belum memenuhi margin biaya operasi perusahan.

Jika Anda tidak memiliki modal yang cukup besar dan tidak yakin akan mengalahkan semua saingan Anda sebaiknya jangan hanya bertahan dengan harga produk yang murah. Meskipun harga yang kompetitif, tidak sepenuhnya menjamin pelanggan akan semakin banyak. Setiap perusahaan tentu siap berkompetisi tetapi perlu kita lihat juga bahwa masih banyak kekuatan dan inovasi yang dapat dikembangkan selain dari sisi harga produk.

Transient

Jika perusahaan Anda termasuk perusahaan yang masih belum mencapai titik BEP, sebaiknya Anda mengikuti 3 strategi berikut.

1. Naikan Harganya Sekarang.

Anda tidak perlu mengkhawatirkan terlalu banyak alasan untuk menundanya. Coba lakukan sekarang meskipun margin harga yang dinaikan sangat kecil. Setelah itu lihat respon dari pelanggan. Jika Anda masih takut juga untuk menaikan harganya coba awalnya beri dengan paket tambahan, atau bonus produk yang lain atau dengan tambahan servis yang lebih dari biasanya. Beri juga batasan waktu untuk promo tersebut.

2. Hebatnya Variasi Produk.

Para pelanggan akan membeli produk Anda jika mereka berpikir bahwa yang mereka beli setimpal dengan apa yang mereka dapatkan. Cara paling mujarab adalah menawarkan beberapa alternatif pilihan produk dengan harga yang berbeda pada kualitas yang berbeda. Buat beberapa variasi produk sehingga Anda dapat lebih banyak memberikan alternatif. Hal ini akan membuat para pembeli melihat ada perbedaan kualitas dan merasa mereka pantas untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

3. Membuat Menu Sesuai Harga.

Buatlah menu produk dengan menempatkan harga paling mahal di tempat tertinggi, berurutan hingga yang paling murah berada di tempat paling bawah. Biasanya para pelanggan terutama pelanggan yang baru lebih memperhatikan apa yang mereka lihat dibandingkan dengan apa yang Anda bicarakan. Dengan memberikan informasi yang menarik pandangan pelanggan, banyak para pengusaha yang terbukti mengalami peningkatan keuntungan.

Survey membuktikan bahwa terjadi hal yang sangat kontradiksi bahwa menjual servis dan produk yang murah akan memberikan kepuasan pelanggan dan membuat mereka lebih loyal. Biasanya pelanggan yang memiliki banyak komplain dan masalahlah yang membeli dengan harga yang paling rendah. Oleh karenanya, Anda tidak perlu terlalu takut untuk menaikan harga produk Anda. Selama Anda memberikan kualitas dan service yang sepenuh hati dan pelanggan dapat melihat hal tersebut, mereka akan merasa harga Anda tersebut pantas untuk dibeli.

Salam Entrepreneur.