5 Rumah Mini Paling Kreatif di Dunia

Membeli rumah dengan tanah yang luas kini menjadi kendala bagi banyak orang terutama di daerah perkotaan. Dengan semakin berkembangnya populitas dan kepadatan penduduk membuat para developer berpikir ulang untuk berinvestasi mengembangkan tipe rumah dengan luas yang sangat besar. Akibatnya adalah apartemen yang berjamuran dan rumah yang berdesakan bahkan tanpa adanya ruang untuk halaman depan.

Keadaan ini menimbulkan beberapa orang untuk berpikir secara kreatif. Dengan berinovasi, beberapa orang kreatif ini merubah ruang yang sempit bukan lagi menjadi masalah besar. Design rumah dibuat seefisien mungkin namun tetap nyaman untuk ditinggali. Ruang yang sempit bukan lagi tidak layak ditempati tetapi mereka menjadikannya lebih nyaman dan indah bahkan cukup membuat Anda iri untuk memiliki.

Berikut adalah 5 Rumah Mini Paling Kreatif di Dunia.

1. Tiffany & Allan Captain's Studio

Ukuran : 32.5 m2
Lokasi : Brooklyn, New York

Tiffany dan Allan, pemilik apartemen ini, menggunakan perlengkapan rumah dan furniture yang juga mini untuk mengisi ruangan mereka. Daripada membeli perlengkapan secara full set, mereka lebih memilih membeli satuan dan memilih furniture seperti kursi mini dan meja mini. Mereka juga memanfaatkan dinding sebagai lemari dan menatanya menjadi dekorasi yang cantik. Hanya di dalam ruangan 32,5 meter persegi ini mereka sudah memiliki tempat tidur, dapur, ruang santai dan lengkap dengan kamar mandi. Tiga saran dari mereka adalah Proporsi, Efisien dan Keep Fresh.

2. Gary Chang Room Combinations

Ukuran : 32 m2
Lokasi : Hongkong

Ditengah pemukiman Hongkong yang sangat padat, Gary Chang seorang arsitek merubah apartemen yang ia tinggali menjadi rumah yang mempunyai 24 kombinasi penataan ruang. Chang telah tinggal di apartemen seluas 32 m2 ini sejak berumur 14 tahun. Setelah orang tuanya meninggal, ia mencoba untuk memodifikasinya berulang-ulang hingga menjadi rumah yang sekarang. Ia menemukan 24 kemungkinan paling optimal untuk merubah ruangan rumahnya sesuai dengan kebutuhan hidupnya, mulai dari menjadi ruang home teather, ruang tidur, ruang bekerja, ruang makan, ruang belajar, dapur hingga ruang untuk yoga.

3. Barcelona Lego Style House

Ukuran : 24 m2
Lokasi : Barcelona, Spanyol

Anda tidak akan percaya bagaimana bentuk rumah ini sebelum direnovasi oleh Christian Schallert. Bermula dari keinginan Christian Schallert untuk pindah ke Barcelona pada tahun 2003, ia menemukan rumah yang cukup berantakan berada paling atas di sebuah apartemen. Ia harus menaiki 100 anak tangga untuk sampai disana. Dengan bantuan arsitek Barbara Appoloni, ia menjadikan rumah dengan tema "Lego Style". Satu tempat namun dapat diatur menjadi berbagai ruangan, semua furniture atau perlengkapan rumah tersembunyi dan dapat digeser setiap kali diperlukan.

4. Rumah Mini Keret

Ukuran : 14,5 m2 , Lebar maksimal 152cm
Lokasi : Warsaw, Polandia

Sebuah rumah yang terjepit diantara dua bangunan besar sudah biasa kita dengar, namun jika bangunan ini hanya mempunyai lebar maksimal 152 cm, pasti bukan hal yang biasa. Rumah yang ditinggali Etgar Keret adalah sebuah rumah di Warsaw Polandia yang dirancang oleh Jakub Szczęsny dan menjadi rumah paling ramping di dunia. Ia membuat rumah ini sebagai rumah kenangan orang tuanya yang meninggal di Warsaw selama perang dunia ke-2.

 

5. Rumah Mini Alek Lisefski

Ukuran : 15,8 m2
Lokasi : Sebastopol, California

Alek Lisefski bersama dengan kekasihnya mewujudkan impiannya untuk hidup minimalist di sebuah rumah mini. Untuk impian ini mereka mengeluarkan ongkos sebesar $30,000. Rumah mini ini terlihat sangat nyaman dan cantik. Dengan menggunakan banyak jendela untuk sirkulasi udara dan cahaya, ditambah ketinggian rumah yang lebih dari 4 meter, menjadikan rumah ini terlihat lebih cerah. Hebatnya lagi rumah ini dapat dipindahkan kemanapun mereka inginkan.