14 Tips untuk Perjalanan Bisnis yang Aman dan Menyenangkan

Transient

Perjalanan bisnis seperti konferensi, meeting, bertemu klien atau melakukan observasi bisnis keluar kota biasanya membuat beberapa orang merasa terbebani namun juga ada yang merasa bersemangat. Tentu saja setiap dari Anda akan lebih memilih perjalanan bisnis yang menyenangkan tapi perlu diingat bahwa perjalanan bisnis tetap dianggap sebagai pekerjaan. Oleh karena itu persiapan yang matang sangat diperlukan.

 UCEO telah mempersiapkan tips yang akan membuat perjalanan bisnis Anda berjalan lancar, aman namun tetap menyenangkan. Tips ini dibagi kedalam dua bagian yaitu tips sebelum melakukan perjalanan bisnis dan tips pada saat berada di tujuan bisnis.

Tips sebelum melakukan perjalanan bisnis:

  1. Memilih Akomodasi. Pilihlah tempat menginap yang dekat dengan tujuan bisnis dan perhatikan komentar bagi yang telah menginap sebelumnya. Hotel atau penginapan yang cocok untuk bekerja seharusnya mempunyai koneksi wi-fi dan dry cleaning untuk pakaian bisnis. Lihat pula akses transportasi atau bahkan tempat kuliner yang enak di seputaran tempat tersebut.
  2. Siapkan Agenda Acara dan Tempat Tujuan. Hal terpenting adalah Anda menggunakan waktu seefisien mungkin dan tetap memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat dan bersenang-senang, dengan mengatur dan memastikan jadwal acara, akan sangat membantu hal ini. Lihat pula peta, jangan sampai Anda tersesat atau dibingungkan oleh taksi yang mengantar Anda karena Anda tidak mempelajari tempat tujuan Anda dengan baik.
  3. Persiapkan Barang Bawaan. Jangan lupa membawa laptop, buku alamat, agenda, dan barang-barang lainnya yang Anda butuhkan saat melakukan perjalanan bisnis. Pastikan juga Anda membawa cukup kartu nama yang bisa Anda berikan saat melakukan pertemuan bisnis. Akan lebih baik jika Anda membawa 1 tas atau satu koper saja, ini akan membuat Anda lebih praktis dan tidak repot.
  4. Membawa Camilan. Hal yang cukup membuat menderita adalah kelaparan di saat perjalanan. Jika Anda melakukan perjalanan yang cukup memakan waktu yang cukup lama dan mungkin dari pelayanannya tidak menyediakan makanan yang cukup Anda sukai, membawa camilan adalah senjata yang ampuh. Ada baiknya Anda membawa camilan bergizi seperti biskuit atau buah.
  5. Buat Cadangan Data. Mem-backup data juga harus dilakukan, untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan seperti pencurian laptop, tablet, atau smartphone. Karena itu, sebelum berpergian maka Anda harus menyimpan file penting di media lain seperti flash disk atau hard disk ekternal.
  6. Siapkan Presentasi Anda. Apabila Anda akan melakukan presentasi, kirim email berisi presentasi Anda ke pihak penyelenggara. Hal ini agar Anda bisa mendiskusikannya terlebih dulu isi presentasi dan melakukan revisi jika memang perlu dilakukan.
  7. Pelajari Waktu dan Bahasa Setempat. Jika Anda melakukan perjanan bisnis yang cukup jauh. Perhatikan perubahan waktu dan tanggal yang ada di sana. Anda juga dapat mempelajari bahasa setempat dengan cara belajar dari internet atau menginstal program penerjemah pada smart device Anda.

Tips saat berada di tempat tujuan bisnis:

  1. Tidur Cukup saat Perjalanan. Jika jadwal Anda sudah padat di hari pertama Anda melakukan perjalanan bisnis, ada baiknya Anda tidur yang cukup saat di perjalanan. Anda tentu tidak ingin menghadiri acara atau bertemu klien dengan lingkaran hitam di bawah mata, bukan? Bawalah barang yang nyaman untuk membuat Anda tertidur nyenyak saat berada di perjalanan seperti penutup mata dan telinga atau bahkan bantal leher.
  2. Hati-hati dengan Hotspot Asing dan Komputer Umum. Anda harus selalu berhati-hati saat menggunakan hotspot asing. Pastikan Anda memiliki antivirus yang terupdate pada laptop dan smartphone Anda. Sama halnya seperti melindungi privasi di perangkat sendiri, Anda juga harus mengambil tindakan pencegahan saat menggunakan komputer umum. Hapus riwayat dan password yang tersimpan pada cookies browser yang Anda gunakan pada komputer tersebut. Hal ini untuk mengantisipasi penjahat cyber yang dapat menggunakan program-program berbahaya untuk mencuri password, nomor kartu kredit, dan bahkan informasi rekening Anda.
  3. Buat Tempat Kerja Sementara. Jika di kamar hotel membuat Anda susah bekerja, cari pojokan di hotel yang nyaman untuk bekerja. Minta pihak hotel untuk membantu pekerjaan Anda.
  4. Setting Alarm Anda. Anda tidak akan pernah tahu apakah layanan wake-up call sebuah hotel bisa diandalkan. Jadi, andalkan diri sendiri. Bawa jam tangan olahraga yang punya fitur alarm atau set alarm pada handphone Anda. Anda  dapat bangun tepat waktu, dan berguna untuk memerika berapa waktu Anda untuk bersenang-senang atau hanya sekedar berendam air panas di hotel.
  5. Jaga Barang Berharga Anda. Simpan Dompet, Visa dan Smart Device di tempat yang aman dan selalu dapat Anda jangkau. Jika perlu siapkan tas carry yang mudah dibawa kemanapun Anda berpergian. Jangan sampai Anda meletakan barang di sembarang tempat karena Anda tidak akan tahu kapan ada pencuri yang memanfaatkan peluang ini, terlebih karena mereka tahu Anda bukan berasal dari tempat tersebut.
  6. Jangan habiskan untuk bekerja. Walau perjalanan bisnis, sempatkan waktu untuk berlibur sejenak agar tidak penat bekerja. Luangkan waktu di malam hari untuk menikmati kuliner atau berpergian ke tempat terkenal yang hanya ada pada kota tersebut. Dan hal yang paling penting lagi adalah Belanja. Belanjakan diri Anda sewajarnya, dan beli oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Jika jadwal Anda terlalu sibuk untuk melakukan hal tersebut, Anda dapat menambah hari menginap atau extend lebih lama jika perlu.
  7. Memberi Kabar. Bagaimana pun, menjaga komunikasi dengan keluarga sangatlah penting. Kabari mereka begitu Anda sampai tujuan, dan tinggalkan pesan berupa nomor telepon hotel atau nomor darurat yang bisa dihubungi.