5 Fakta yang Harus Anda Ketahui sebelum Menjadi Entrepreneur

Sangatlah tidak lazim jika seseorang memiliki impian menjadi seorang entrepreneur sejak kecil. Mungkin, orang tua mereka akan menertawakan impian tersebut tetapi di era sekarang pemikiran orang tua merekalah yang patut kita tertawakan. Jaman sudah berubah, Entrepreneurship telah menjadi pekerjaan yang cukup dihormati dan jalur yang sangat relevant untuk Anda ambil. Entrepreneurship tidak salah lagi menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia sekaligus menentukan kemajuan suatu bangsa.

Image : https://etsystatic.com

Image : https://etsystatic.com

Kesempatan mewujudkan mimpi seperti menjadi dokter, hakim, polisi atau pilot sangatlah susah walaupun modal sudah Anda miliki. Kesempatan mendapatkan pekerjaan impian semakin cepat hilang di jaman sekarang. Menciptakan kesempatan sendirilah yang menjadi pilihan dan hal yang normal di masyarakat  sekarang. Namun, banyak sekali orang yang mulai terjun ke dunia Entrepeneur tanpa tahu strategi dan beberapa kiat yang tepat. Tidak ada yang salah dan memang sangat dianjurkan bagi Anda untuk memulai sedini mungkin usaha Anda, namun jalan Entrepreneurship Anda akan semakin lancar apabila Anda mengetahui 5 fakta sebagai berikut.

1. Kesalahan dan Kegagalan adalah Mutlak akan Anda Dapatkan.

Legenda dunia basket, Michael Jordan, pernah berkata “I have failed over and over again, but that’s why I succeed.” Anda harus berani menghadapi setiap kegagalan, karena kegagalan adalah mutlak Anda dapatkan jika ingin menjadi Entrepreneur. Sikap dalam menghadapi kegagalan inilah yang akan menentukan kesuksesan Anda. Kesuksesan Entrepreneur dapat diukur dari segala jerih payah dan kesulitan yang pernah mereka tempuh.

Tetaplah loyal dan menjaga kualitas baik terhadap produk maupun pelanggan Anda saat mengalami kegagalan. Setiap orang sukses memiliki cara yang kreatif dalam menghadapi kegagalan mereka. Oprah Winfrey pernah dipecat menjadi penyiar berita namun bangkit dari depresinya dan tetap yakin dengan kemampuannya, kini ia menjadi pembawa acara paling terkenal di dunia. Pada kisah Donald Trump, ia justru menggunakan kemungkinan bangkrutnya sebagai alat bernegosiasi dengan bank pemberi kreditnya. Lalu bank pun memberi kesempatan Trump menjalankan bisnisnya sampai usahanya pulih lagi.

Jika kegagalan pertama menghentikan langkah Anda, Anda masih belum sepenuhnya ingin menjadi Entrepreneur. Anda masih belum sepenuhnya yakin pada diri Anda. Semakin Anda berjuang maka semakin besar peluang Anda menciptakan peluang baru dan menjadi lebih sukses. Respond Anda dalam menyikapi kegagalan adalah kuncinya.

2. "Habits" Mengalahkan "Inspiration".

Inspirasi memang diperlukan dalam menciptakan aksi yang lebih baik tetapi kebiasaan Andalah yang ternyata menentukan Anda akan sukses atau gagal.

Ada pepatah bahwa "Hanya 5% yang akan Anda terapkan setelah mengikuti sebuah seminar". Pepatah ini dikarenakan banyaknya orang merasa terinspirasi namun hal itu hanya bersifat jangka pendek, aktivitas produktif mereka akan kembali menurun pada jangka panjangnya.

Inspirasi yang hebat memang memberikan progress atau hasil yang baik pada produtifitas Anda, namun yang paling hebat adalah yang menciptakan kebiasaan baru, kebiasaan yang bertahan selama Anda menjadi Entrepreneur. Sebagai Entrepreneur Anda harus fokus pada perilaku dan kebiasaan yang baru. Berpikir inspiratif memang penting, namun beraksi dan menjadikannya kebiasaan adalah krusial.

3. Determinasi Anda adalah Modal Terbesar Anda.

Banyak orang takut menjadi Entrepreneur berkata mereka tidak memiliki modal. Pemikiran mereka inilah yang membatasi mereka sendiri untuk menjadi Entrepreneur kelas dunia. Seorang Entrepreneur belajar dan berpikir terus bagaimana mereka mendapatkan modal yang maksimal walau modal tersebut bukan dari diri sendiri.

Jika Anda tidak memiliki uang, tetapi Anda cukup kreatif, apakah Anda tidak bisa mencari uang tersebut? Jawabannya tentu saja bisa. Apabila Anda memiliki determinasi yang tinggi dan komitmen, tentu apa yang Anda inginkan akan Anda jaga dan coba wujudkan terus hingga berhasil.

4. Lingkungan Anda Mempengaruhi Kehidupan Entrepreneur.

Buang pemikiran negatif yang ada di sekitar Anda. Orang yang berpikiran negatif selalu mempengaruhi orang lain dengan pemikiran tersebut dan jika Anda lemah maka Anda pun akan terhanyut untuk selalu berpikiran tertutup.
Hampir semua entrepreneur awalnya memulai dengan keraguan jika keraguan mereka ditambah dengan pemikiran negatif dari lingkungan mereka maka pastilah mereka akan berhenti.

Untuk dapat bertumbuh dan menjadi seseorang yang berhasil, dibutuhkan dukungan dari orang-orang sekitar Anda. Jadilah terbuka dan mintalah dukungan mereka. Setiap Entrepreneur yang sukses akan mencari jalan untuk berada pada lingkungan yang kondusif untuk dapat mendukung pemikiran dan usaha mereka. Jika perlu Andalah yang harus merubah lingkungan sekitar Anda untuk membantu mereka berpikiran lebih terbuka.

5. Tidak Ada yang Mudah untuk Mencapai Puncak.

Semakin besar target Anda, semakin besar pula rintangannya. Anda harus mengukur setiap resiko yang dapat terjadi, Anda harus berpikir bagaimana mengatasinya dengan berbagai pemikiran. Tidak ada yang mudah untuk menjadi Entrepreneur, namun hasilnya kami yakin akan setimpal.

Anda harus berjuang dan fokus akan apa yang telah Anda yakini. Semangat Entrepreneur harus Anda jaga selalu. Semua rintangan yang ada tidak perlu Anda takutkan, jadikan tantangan, jadikan pelajaran. Anda tidak akan tahu betapa kuatnya diri Anda saat Anda tidak mencoba untuk menghadapi tantangan tersebut. Kebebasan finansial memang merupakan tujuan sebagian besar para Entrepreneur, tapi kami yakin Anda akan mendapatkan lebih dari itu.