[ICONEE] Prof. Dr. Rosna Awang Hashim - Pembelajaran Entrepreneurship Penting untuk Semua Masyarakat

Era persaingan global yang mencakup berbagai bidang memberikan kita tantangan yang cukup kompleks, tidak hanya dalam bidang ekonomi tapi juga dalam bidang jasa, komunikasi, kesehatan bahkan pendidikan. Setiap individu dituntut untuk siap dalam menghadapi persaingan global yang semakin lama akan semakin bebas dan tanpa batas. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi persaingan global adalah dengan belajar entrepreneurship. Prof. Dr. Rosna Awang Hashim berpendapat bahwa pembelajaran entrepreneurship sangatlah penting, pembelajaran entrepreneurship bukan hanya untuk mereka yang ingin menjadi seorang entrepreneur tetapi juga untuk semua masyarakat agar mereka bisa menjadi masyarakat praktis (29/08/2014).

Pembelajaran entrepreneurship sangatlah penting karena tidak hanya membangun dan melatih kemampuan untuk bertahan menghadapi berbagai tantangan tetapi juga mengembangan pola pikir entrepreneur. Mungkin selama ini yang ada di benak banyak orang awam tentang pembelajaran entrepreneur adalah mereka yang  mampu membuat, menciptakan dan menemukan business plan atau business model, tetapi sebenarnya yang harus dipelajari dan diajarkan dalam pendidikan entrepreneur adalah pola pikir entrepreneurship. Pola pikir inilah yang harus dikembangkan dan ditanamkan dalam kepribadian tiap individu agar mereka mampu menghadapi serta beradaptasi dengan berbagai jenis perubahan, karena perubahan adalah satu–satunya hal konstan yang kita miliki saat ini dan di masa yang akan datang. Pola pikir entrepreneuship haruslah dijadikan sebuah life style dalam masyarakat dan bukan hanya dipelajari oleh para entrepreneur saja. Sehingga dengan cara ini masyarakat juga bisa bertahan dalam menghadapi berbagai perubahan dan membuat mereka menjadi masyarakat yang lebih baik.

Namun seperti yang kita pahami, berteori pastilah lebih mudah dari pada bertindak. Hal ini juga terjadi pada pembelajaran pola pikir entrepreneurship, sebenarnya sangat sulit untuk menanamkan pola pikir entrepreneurship pada diri masing–masing individu. Dalam hal ini kita tidak hanya membahas tentang kemampuan seseorang dalam menghadapi berbagai perubahan tetapi juga melatih seseorang untuk melihat suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda.

Pengembangan kepribadian yang menjadi keterampilan paling penting untuk ditanamkan pada setiap individu adalah sifat mandiri dan percaya kepada diri. Sebelum orang lain bisa percaya, kita harus mampu meyakinkan diri sendiri bahwa kita bisa serta mampu bertahan dalam menghadapi perubahan dan sanggup untuk mengambil keputusan dalam tantangan sehari–hari.

Interpersonal atau cara berhubungan dan berkomunikasi dengan orang lain adalah kemampuan yang juga harus dilatih. Mampu berkolaborasi dengan orang lain dan kemampuan bekerja dalam tim adalah keterampilan interpersonal juga harus ditanamkan serta diajarkan pada tiap individu. Kedepannya dalam menghadapi berbagai macam tantangan dan perubahan kita pasti membutuhkan orang lain untuk menyelesaikannya, tak jarang kita juga harus bisa mengatur emosi dan bertoleransi dengan rekan satu tim kita agar masalah yang di hadapi bersama bisa berjalan dan terselesaikan dengan baik.

Kemampuan seseorang dalam membangun network juga menjadi sesuatu yang sangatlah penting. Bagaimana individu tersebut membangun jaringan antar sesama, berhubungan dengan komunitas, masyarakat, pemerintah serta global partnership. Semua itu adalah tantangan yang harus dihadapi, sehingga semakin baik kemampuan membangun jaringan dengan berbagai macam orang dan institusi maka kedepannya juga akan semakin mudah untuk berbagai bentuk perubahan yang akan terjadi.

Masalah–masalah tersebut tidak hanya bisa diterapkan dalam bidang entrepreneursip saja, hal tersebut juga bisa diterapkan dalam hidup kita guna mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan global. Oleh sebab itu, pembelajaran entreprenership sangatlah penting dan akan baik ke dapannya jika pembelajaran ini juga diajarkan pada masyarakat umum. Pembelajarannya tidak hanya terbatas bagi mereka yang ingin menjadi entrepreneur saja, tetapi juga bagi seluruh masyarakat yang memiliki latar belakang yang berbeda–beda. Itulah sebabnya mengapa kita butuh pembelajaran entrepreneurial.