6 Cara Hidup Sehat Anak Kost

Kesehatan adalah hal yang sangat penting. Setiap orang pasti mendambakan memiliki tubuh, pikiran, serta jiwa yang sehat. Kesehatan adalah keadaan dimana tubuh, jiwa dan pikiran merasa sehat, terhindar dari penyakit serta tidak memiliki beban pikiran yang berat atau stres. Kesehatan mahal harganya, maka dari itu kita harus menjaga kesehatan sebaik mungkin. Menjaga kesehatan sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari yang paling murah sampai yang mahal sekalipun. Menjaga kesehatan juga dapat dilakukan dengan cara yang sederhana, yaitu dengan menjaga pola makan teratur, mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, hingga rutin melakukan olahraga setiap hari.

Tuntutan pendidikan dan pekerjaan seringkali memaksa kita untuk keluar dari tanah kelahiran, atau dengan kata lain merantau ke kota lain. Di kota baru tersebut, kita perlu membiasakan diri dan beradaptasi. Mulai dari lingkungan tempat tinggal, lingkungan kerja dan pendidikan, hingga makanan sehari-hari. Untuk menjaga kesehatan, kita perlu benar-benar mempertimbangkan tentang kebersihan dan kandungan gizi, serta tingkat higienitas. Di perantauan tentu saja kita akan tinggal di sebuah kost atau rumah sewa/rumah kontrakan dimana kita akan tinggal dengan orang lain yang belum pernah kita kenal sebelumnya. Banyak macam rumah sewa yang ada, yaitu misalnya kost khusus putri, kost putra, dan lain sebagainya.

Tinggal di kost, bukan berarti Anda tidak dapat menerapkan pola hidup sehat demi menjaga kesehatan. Anda dapat memilih kost yang bersih, sirkulasi udara dan ventilasi jendela yang lancar, cukup cahaya yang masuk (tidak terlalu gelap dan pengap), serta lebih teliti dalam membeli makanan. Sebenarnya makanan yang paling baik adalah yang Anda masak sendiri, karena Anda dapat memastikan cara memasaknya, bahan-bahannya, kandungan gizinya, serta tingkat higienisnya. Namun sebagai pekerja atau mahasiswa, tentunya Anda tidak akan memiliki cukup waktu untuk memasak makanan Anda sendiri, kecuali jenis menu masakan yang mudah dan sederhana.

Menerapkan pola hidup sehat di kost sebenarnya cukup mudah. Tentunya dengan menjaga pola hidup sehat ini, akan ada banyak manfaat yang Anda peroleh walaupun Anda tinggal di kost. Manfaat hidup sehat anak kost adalah Anda dapat menjaga kesehatan Anda serta terhindar dari penyakit yaitu dengan cara menerapkan pola hidup sehat. Terdapat beberapa tips seputar kesehatan, gaya hidup anak kost baik pekerja maupun mahasiswa, kost putra dan kost putri, serta manfaat hidup sehat anak kost melalui penjelasan berikut ini.

Terdapat beberapa poin penting untuk menjaga kesehatan Anda sebagai anak kost, diantaranya adalah memperhatikan beberapa hal berikut ini :

1. Perhatikan Makanan Anda

(Image: Sam/UCEO)

(Image: Sam/UCEO)

Anda harus memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. Jenis makanan harus sehat dan bergizi serta higienis. Pilih dari bahan sayur-sayuran serta buah-buahan yang segar dengan kualitas baik. Jika Anda dapat memasak makanan Anda sendiri, maka akan lebih baik untuk kesehatan Anda. Karena Anda dapat mengontrol mulai dari bahan-bahan yang digunakan, hingga tidak menambahkan bumbu penyedap berbahaya ke dalam makanan. Selain itu, hal penting lainnya antara lain adalah sebagai berikut :

  • Pola Makan. Usahakan untuk memiliki pola makan yang teratur tiga kali sehari. Selain itu, jangan telat makan. Pola makan teratur akan membantu menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Anda. Pola makan yang teratur adalah yang sesuai dengan waktu makan, yaitu sarapan pada pagi hari, makan siang antara pukul 12.00 sampai dengan pukul 14.00 siang, serta makan malam yang biasanya dilakukan pukul 19.00 malam. Menu makanan pun harus Anda perhatikan, Anda dapat memperbanyak mengkonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, serta memperbanyak minum air putih. Tidak ada salahnya mengkonsumsi camilan, tapi pastikan camilan yang Anda konsumsi adalah camilan yang sehat dan bergizi.

  • Masak Sendiri. Selain sehat, memasak makanan sendiri juga akan membantu Anda lebih berhemat. Anda juga dapat menentukan menu apa yang ingin Anda makan dengan cara memasak sendiri. Anda dapat memilih lauk yang Anda suka, begitu pula dengan sayur yang ingin Anda makan.

(Image: Tiff/UCEO)

(Image: Tiff/UCEO)

Memasak juga akan meningkatkan kemampuan Anda, sering berlatih memasak akan membuat Anda semakin mahir dan handal, serta dapat memasak makanan yang enak. Jika memasak, Anda harus memastikan menu masakan Anda sehat. Anda dapat memasak makanan yang mudah dan simpel jika Anda ada di kost. Tentunya, dalam memilih kost, Anda harus mencari kost yang terdapat fasilitas dapur untuk memasak. Pastikan juga Anda memiliki persediaan bahan makanan di kost seperti telur, dan bahan memasak lain seperti garam dan gula, serta sedia kopi dan teh untuk persediaan minumannya.

  • Membawa Bekal saat Beraktifitas. Saat melakukan aktifitas diluar kost, seperti bekerja di kantor atau belajar di kampus untuk mahasiswa. Biasakan untuk membawa bekal makan. Siapkan bekal makan di kost sebelum berangkat memulai aktifitas apapun diluar kost. Anda dapat memasak sendiri bekal makan tersebut. Membawa bekal tentunya selain lebih hemat, Anda juga dapat mengontrol kesehatan Anda melalui kandungan gizi yang ada di dalam makanan Anda. Anda dapat membuat jadwal menu makanan, yaitu menu makanan yang berbeda-beda setiap harinya. Jenis menu makanan yang berbeda ini akan membuat Anda tidak mudah bosan dengan menu yang sama dan cenderung monoton.

  • Berpuasa. Puasa adalah menahan rasa lapar dan haus. Sebenarnya dengan berpuasa, pola makan Anda lebih teratur, dan Anda lebih memperhatikan komposisi makanan yang Anda pilih. Puasa adalah cara yang tepat untuk diet tubuh yang baik. Jadi, jika Anda memiliki masalah dengan cara diet yang benar, Anda dapat mencoba menerapkan puasa. Puasa juga bermanfaat memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak serta memperbarui sel-sel tubuh tersebut. Bagi anak kost, puasa bisa menjadi solusi yang tepat untuk menerapkan pola hidup sehat dan hemat serta menjaga kesehatan jiwa dan tubuh.

2. Rutin Berolahraga

A photo posted by UCEO (@ciputrauceo) on

Seringkali Anda merasa malas berolahraga, padahal seharusnya olahraga harus rutin dilakukan setiap hari. Banyak sekali manfaat dari olahraga, selain tubuh lebih sehat dan bugar, Anda juga dapat mencegah penyakit atau menjaga daya tahan dan kesehatan tubuh Anda lebih baik lagi. Olahraga juga membantu Anda menurunkan berat badan jika dilakukan dengan benar dan teratur. Olahraga itu macam-macam, Anda dapat mengikuti kelas senam, yoga atau gym. Olahraga lain dapat dilakukan dengan cara jogging, berenang, dan lain sebagainya. Ada banyak cara untuk berolahraga serta tidak menghabiskan begitu banyak biaya. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam berolahraga adalah :

  • Waktu Olahraga. Anda harus rutin berolahraga setiap hari. Biasakan untuk bangun pagi setiap hari, karena bangun pagi banyak sekali manfaatnya bagi tubuh dan kesehatan Anda. Setelah bangun, minum lah air putih yang banyak, kemudian mulailah berolah raga, bisa dengan jalan santai atau jogging/lari pagi. Udara pagi yang masih bersih, sejuk, dan segar juga akan lebih baik bagi kesehatan Anda. Sebisa mungkin hindari berolahraga malam, karena pada malam hari, tubuh Anda memerlukan waktu untuk beristirahat. Jika Anda berolahraga pada malam hari, kerja jantung Anda akan berpacu lebih cepat dan tubuh Anda akan lebih sulit untuk beristirahat.

  • Contoh Olahraga. Olahraga terbagi ke dalam jenis olahraga atletik dan permainan. Olahraga atletik misalnya adalah lari atau jogging, lempar lembing, lempar cakram, berenang, lompat indah, lompat tinggi, lompat galah, panahan dan menembak, bina raga, serta senam atau yoga. Jenis olahraga permainan antara lain adalah basket, bola volley, sepak bola, bulu tangkis, tenis lapangan, tenis meja, catur, base ball, serta futsal. Hal ringan yang dapat Anda lakukan setiap hari serta tergolong jenis olahraga adalah bersepeda untuk menuju tempat kerja atau kampus Anda setiap harinya.

3. Perhatikan Pola Belanja Anda

(Image: Sam/UCEO)

(Image: Sam/UCEO)

Dalam penerapan pola hidup sehat anak kost, selain pola makan, jenis makanan, serta gaya hidup sehat yang dilakukan dengan cara berolahraga, Anda dapat pula mempertimbangkan mengenai pola berbelanja Anda. Memang benar memasak sendiri menu makanan Anda akan lebih sehat dan hemat, namun Anda perlu memperhitungkan pula mengenai daftar belanjaan atau kebutuhan belanja konsumsi Anda. Memasak selain lebih sehat, akan membuat Anda lebih hemat dari segi finansial. Namun Anda perlu mengatur pengeluaran dana belanja Anda dengan lebih teliti. Ingat bahwa hal tersebut akan membawa Anda menjalani pola hidup hemat. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatur pola belanja Anda, yaitu misalnya dengan cara membuat list kebutuhan Anda. Yang perlu Anda ingat adalah, bukan karena Anda ingin berhemat, maka Anda selalu membeli bahan-bahan yang murah. Anggapan ini adalah salah dan keliru karena harga murah bukanlah jaminan barang tersebut akan bagus kualitasnya. Anda harus lebih selektif dan teliti dalam memilih bahan makanan atau list kebutuhan dan daftar belanja Anda secara rutin.

4. Jaga Kebersihan

Tinggal di tempat kost, mungkin akan membuat Anda menjadi orang yang lebih malas. Malas dalam hal membersihkan tempat kost. Hal ini bisa dikarenakan Anda tidak memiliki cukup banyak waktu untuk membersihkan tempat kost. Waktu Anda sudah tersita untuk bekerja atau belajar di kampus. Sehingga ketika sampai kost, Anda akan langsung tertidur karena kecapaian atau sibuk menyelesaikan tugas kampus. Padahal yang perlu Anda ketahui adalah, kebersihan kost sangat penting. Selain untuk keindahan dan kerapihan tempat kost, kost yang bersih juga akan menghindarkan Anda dari bahaya serangan penyakit. Kost yang kotor, berbau, dan acak-acakan adalah sarang dari penyakit. Usahakan Anda selalu menjadwalkan waktu Anda untuk membersihkan kost. Hindari lah sifat-sifat malas dalam membersihkan kost Anda. Mulailah dari hal-hal sederhana yaitu merapikan barang-barang Anda, taruh sesuai dengan jenisnya dan jangan ditaruh sembarangan. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mencari barang-barang yang Anda butuhkan. Setelah itu, selalu sapu lantai kost Anda, jangan menumpuk sampah. Masukkan semua sampah dan buang langsung ke tempat sampah. Anda juga diharapkan untuk tidak menumpuk pakaian kotor Anda. Segera cuci pakaian-pakaian kotor Anda, jangan menumpuk terlalu lama karena akan menjadi sarang penyakit dan bakteri. Hal lain yang dapat dilakukan adalah usahakan juga untuk menjaga kebersihan bak penampungan mandi, kuras bak mandi kost Anda secara rutin untuk menghindari resiko penyakit demam berdarah akibat nyamuk, dan penyakit-penyakit lainnya. Kost yang bersih akan menjaga kesehatan tubuh Anda lebih baik lagi.

  • Kamar Kost. Cuci secara rutin sprei, selimut, dan sarung bantal guling Anda. Semakin jarang mencuci, berarti semakin banyak kuman dan bakteri yang menumpuk pada kasur dan peralatan tidur Anda.

  • Kamar Mandi. Kuras bak mandi secara berkala, sikat juga bagian dinding dan lantai kamar mandi secara rutin.

  • Pakaian. Hindari tumpukan pakaian kotor. Jangan menumpuk pakaian kotor Anda dalam jangka waktu lama, segera cuci baju-baju kotor Anda. Dan akan lebih baik bila Anda mencuci pakaian kotor setiap hari.

5. Pilih Tempat Kost yang Baik

Pemilihan kost adalah hal utama dalam menentukan pola hidup sehat anak kost. Jika sejak awal Anda sudah salah memilih kost, maka untuk seterusnya Anda akan kesulitan dalam menerapkan tahapan-tahapan kebersihan dan cara hidup sehat selama di kost. Berikut ini adalah beberapa tips cara memilih kost yang baik dan benar untuk menerapkan pola hidup sehat anak kost:

  • Sirkulasi Udara yang Lancar. Usahakan untuk memilih kost atau kamar kost yang memiliki sirkulasi udara yang lancar, ventilasi lebar atau besar, serta jendela yang terbuka dengan aliran angin dan udara yang lancar. Keadaan kamar kost yang pengap adalah kost yang tidak sehat.

  • Pastikan Ada Cahaya Masuk. Pilih kamar kost yang terang, yaitu terdapat jendela besar dimana sinar matahari bisa masuk, atau setidaknya kamar kost Anda banyak mendapatkan cahaya. Hal ini lebih baik daripada kamar kost yang gelap dan tidak memiliki jendela yang memungkinkan sinar maatahari masuk. Kamar Anda akan lebih lembab dan pengap, jamur juga akan lebih mudah tumbuh subur dalam kamar kost Anda jika tidak ada cahaya yang masuk.

  • Perhatikan Air dan Listrik. Kost setidaknya harus memiliki dua sumber air, yaitu dari pompa air yang berasal dari sumur, serta air dari PDAM. Hal ini untuk mencegah ketika salah satu sumber air mati, Anda masih dapat menggunakan air. Namun tetap pergunakanlah air secara bijaksana dan tidak perlu berlebihan. Pantau juga aliran listrik dalam kamar kost Anda. Selalu matikan lampu jika tidak diperlukan, cabut semua peralatan elektronik ketika Anda sedang meninggalkan kamar kost atau ketika tidak sedang Anda pakai.

  • Tempat Cuci dan Jemur Pakaian. Pilih tempat kost yang menyediakan tempat cuci dan jemur pakaian yang terpisah dan terbuka, serta cukup sinar matahari. Tempat kost yang menyediakan tempat cuci dan jemur baju jauh dari kamar kost adalah yang terbaik. Hal ini dapat meminimalisir jumlah nyamuk penyebab penyakit.

(Image: Sam/UCEO)

(Image: Sam/UCEO)

  • Pembuangan Air dan Sampah. Pastikan tempat kost Anda memiliki saluran pembuangan air yang jelas dan bersih, tidak menggenang sehingga menimbulkan bau dan kuman bakteri. Pastikan juga dengan sistem pembuangan sampah apakah sudah sesuai dan bersih atau kurang. Pilih tempat kost yang bersih, ada tempat sampah secara terpisah di uar rumah, serta tempat penampuangan sampah tersebut tidak menumpuk sampah terlalu lama sehingga menimbulkan bau dan kuman penyakit.

6. Hindari Hal-Hal Berikut

Selain menerapkan tips hidup sehat seperti yang telah dipaparkan di atas, ada beberapa hal yang juga perlu Anda hindari. Banyak kebiasaan buruk disekitar Anda yang secara langsung ataupun tidak langsung berpengaruh terhadap kesehatan Anda sebagai anak kost. Jika lingkungan yang buruk ditambah dengan ketidaktahuan Anda akan akibat buruknya akan membuat semakin membahayakan kesehatan Anda.

Gaya hidup anak kost merupakan pola hidup yang baru yang menjadi adaptasi dari mereka yang hanya mengenal kehidupan dari dalam rumah keluarga. Sebagian besar anak kost akan mencoba banyak hal yang tidak pernah atau tidak bisa mereka lakukan secara bebas di rumah. Hal yang mereka coba ini dapat berupa pola hidup yang baik namun dapat juga berupa pola hidup buruk. Sebagian anak kost akan tergiur untuk mencoba hal-hal baru yang dilarang seperti merokok, minum-minuman alkohol, berhura-hura sampai larut malam dan lainnya. Namun perlu kita ketahui dan sadari hal-hal buruk ini dilarang karena ada maksudnya. Pola hidup buruk ini akan menjadi ancaman besar di masa depan baik dari sisi kesehatan maupun perkembangan hidup. Berikut adalah hal-hal buruk beserta akibatnya yang sudah sepatutnya anak kost hindari:

A. Rokok

Hampir setiap orang tahu bahwa rokok dapat membahayakan kesehatan bahkan nyawa si penghisap. Bagi Anda yang belum pernah merokok sebaiknya jangan mencobanya, karena rasa enak yang dihasilkan tidak setimpal dengan resiko yang diakibatkan. Dan bagi yang sudah terlanjur merokok, sebaiknya Anda berhenti sekarang juga sebelum terlambat karena merokok juga dapat membahayakan kesehatan orang disekitar Anda.

Sekitar 90% kematian karena penyakit paru-paru kronis disebabkan karena merokok. Merokok dapat menimbulkan aterosklerosis yang menyebabkan penyakit jantung. Menurut Cleveland Clinic, kebiasaan merokok juga dapat meningkatkan resiko terkena diabetes dan komplikasi dari diabetes. Semua resiko ini tertera pada bungkus rokok dan sudah sepatutnya tidak Anda acuhkan. Jauhi merokok jika Anda tidak ingin menyesal di kemudian hari.

B. Minuman Keras

Minuman keras atau yang biasa disingkat dengan miras adalah minuman yang mengandung kadar alkhohol. Efek yang ditimbulkan dari miras ini berbeda-beda dari kadar alkohol yang dikonsumsi. Dalam kadar kecil, efek miras dapat menimbulkan efek rileks,perasaan senang dan juga hangat pada lambung selebihnya akan membuat kepala terasa "enteng" dan segala perasaan takut dan malu menghilang. Pada kadar yang lebih besar dapat memberi efek lebih bebas mengekspresikan diri, pandangan menjadi kabur, sempoyongan dan daya ingat terganggu.

Semua efek alkhohol tersebut hanya berlangsung selama 4-6 jam selebihnya akan menjadi "momok" yang mengancam kesehatan Anda. Kepala Anda akan terasa pusing dan tertekan, mual yang berlebihan dan efek keracunan dapat terjadi dalam kondisi overdosis. Tidak dapat berkonsentrasi terutama saat mengendarai kendaraan dapat beresiko kecelakaan lalu lintas. Resiko lain yang ditimbulkan adalah pembengkakan liver, penurunan daya otak, mudah depresi, kecacatan pada ibu hamil, kanker mulut, stroke dan resiko kebutaan. Perubahan sikap dan keinginan untuk mencoba lagi hingga menjadi ketagihan juga akan menjadi semakin membuat dampak buruknya semakin buruk bagi keselamatan Anda.

C. Bising hingga Larut Malam

Anak kost yang sebagian besar berstatus sebagai mahasiswa kadang masih memiliki perasaan labil dan ingin melakukan semua hal yang mereka dapat lakukan tanpa ada pengawasan dari orang tua. Saking asyiknya bermain playstation, game online dan mendengarkan musik sekeras-kerasnya dapat diteruskan hingga larut malam tanpa ada orang tua yang melarang. Memang tidak ada orang tua namun Anda sebagai anak kost harus memiliki tenggang rasa terutama karena Anda tidak menempati kost sendirian, masih ada tetangga kost atau mungkin ada teman sekamar yang merasa terganggu.

Menciptakan lingkungan yang kondusif dan menjalin rasa saling menghormati diantara teman kost juga merupakan bagian dari pola hidup sehat. Cobalah mengatur gaya hidup sehat yang nantinya juga dapat mereka tiru.

D. Makanan Instan

Cara-Hidup-Sehat-Anak-Kost-6.jpeg

Makanan favorit anak kost adalah makanan instan. Jika tidak ada nasi dan ikan penggantinya adalah mie instan. Cara memasaknya yang praktis, harga yang terjangkau dan rasanya yang enak menjadi alternatif utama bagi sebagian besar anak kost. Sayangnya makanan instan ini dapat membahayakan kesehatan Anda.

Tidak hanya mie instan, bubur instan, frenchfries, pizza, burger dan fried chiken juga termasuk dalam makanan yang perlu Anda hindari. Kandungan pengawet, gula buatan dan bahan kimia lainnya jika dikonsumsi secara terus menerus dapat menyebabkan kanker, obesitas dan resiko komplikasi diabetes lainnya meningkat. Usahakan sebisa mungkin untuk memasak sendiri di dapur kost yang disediakan. Jika tidak ada dapur kost, cobalah membeli masakan rumahan yang lebih terjaga kebersihan dan tercukupi gizinya.

Kehidupan anak kost membutuhkan kalori dan asupan gizi yang lebih besar karena mereka menyelesaikan beberapa pekerjaan sendiri yang tentunya berbeda saat hidup bersama keluarga. Cukupi asupan gizi Anda dengan banyak makan sayur dan menjauhi makanan instan dan juga jauhi makanan berminyak. Di kehidupan kost, hanya Anda sendirilah yang dapat menjaga pola makan sehat Anda.

E. Pergaulan Bebas

Tidak dapat dipungkiri bahwa memang terdapat kost-kostan yang tidak memberi peraturan ketat dan pengawasan akan tamu yang bermalam bahkan jika mereka berlawanan jenis atau belum menikah. Hal ini memberikan kesempatan bagi mereka, anak kost yang tergoda untuk melakukan pergaulan bebas. Namun ada juga sebagian anak kost yang telah memiliki wawasan dan pandangan yang cukup dewasa untuk menghindari perilaku buruk ini karena mereka mengerti dan sadar akan resikonya. Adapun pembelajaran akan pergaulan bebas ini sebaiknya telah diberikan sejak SMP atau SMA.

Akan kami ingatkan sedikit akan dampak buruk dari pergaulan bebas ini. Dampak secara fisik bagi mereka yang terjerumus akan pergaulan bebas akan meningkatkan kanker serviks, resiko HIV-AIDS dan terjadinya kehamilan diluar nikah. Jika kehamilan ini dilanjutkan ke proses aborsi akan menyebabkan gangguan kesuburan, kanker rahim, cacat permanen bahkan berujung pada kematian.

Dampak secara psikologis adalah munculnya depresi, rasa bersalah, rasa benci pada diri sendiri, mudah emosi, hilangnya rasa penghargaan diri, rasa takut akan martabat keluarga dan perasaan takut akan Allah karena telah berbuat dosa. Untuk menghindarinya sebenarnya kembali pada kualitas batin dan kepribadian Anda. Memfilter aspek buruk lingkungan dan menjaga aspek baik yang diajarkan keluarga dan agama adalah salah satu faktor dari pembentukan kepribadian tersebut.    

Kuliah Gratis "Business Model Canvas"

Memiliki usaha sendiri yang sukses tentunya merupakan hal yang diidamkan oleh banyak orang. Sayangnya membuat suatu usaha menjadi sukses bukanlah hal yang mudah. Banyak aspek dalam sebuah bisnis yang perlu direncanakan dengan baik dan secara terperinci sehingga terbentuk model bisnis yang menjanjikan keuntungan.

Dengan mengikuti pembelajaran mengenai BMC ini, diharapkan UC-Onliners dapat memahami kegunaan model bisnis yang baik, bagaimanakah cara membuatnya, serta dapat mempraktekkan secara langsung untuk digunakan dalam menjalankan bisnisnya.