Daftar Sekarang, Kuliah Gratis : "Berburu Peluang Usaha"

Daftar Kuliah Baru UCEO: "

Posted by Ciputra UCEO on Wednesday, May 6, 2015

Ketika kita hendak memulai usaha bisnis darimana kita terlebih dahulu memulainya? Permulaan yang salah dapat membawa kepada perjalanan yang salah oleh karena itu investasikan waktu, tenaga dan pikiran untuk melakukan persiapan yang sematang mungkin. DR (Hc).Ir.Ciputra pernah berkata, 

“Lebih baik kita bertengkar selama masa perencanaan daripada bertengkar selama masa pelaksanaan.”

Dengan kata lain, tuntaskan sebanyak mungkin pertanyaan dan permasalahan usaha bisnis sebelum usaha tersebut dilakukan.

Inilah pekerjaan rumah yang harus dilakukan oleh seorang entrepreneur sebelum usaha bisnisnya betul-betul dibuka. Salah satu keputusan yang paling awal dan juga paling penting adalah menentukan peluang mana yang akan dilakukan. Keputusan ini begitu penting sehingga bila kita salah “jalan” maka kita dapat bertemu dengan jalur jalan yang penuh dengan “mara bahaya” yang membawa kita pada ujung jalan yang tidak kita kehendaki. Keputusan kita tentang peluang yang akan kita ambil seyogyanya bukanlah sebuah keputusan yang didapat dari satu pilihan yang tersedia. Bila hanya satu pilihan maka sesungguhnya kita tidak memilih padahal kebanyakan entrepreneur sukses mencari dengan aktif ragam peluang dan menganalisa dengan cermat sehingga mereka bisa memilih yang terbaik dari berbagai pilihan. Judul yang dipilih untuk pembelajaran ini adalah Berburu Peluang, kenapa harus diburu? Ada 2 pesan yang ingin disampaikan, pertama memang peluang bisnis itu jangan ditunggu tapi harus sengaja diburu. Kedua, orang yang berburu akan sengaja menyediakan waktu, sengaja menyiapkan peralatan, mencari dan memilih dengan awas dan waspada lalu melakukan eksekusi. Pola pikir dan pengalaman seperti inilah yang ingin kami bangun untuk para pembelajar UCEC untuk mata pembelajaran Berburu Peluang.

BAGAIMANA KITA AKAN BELAJAR?

Terdapat 3 pilihan untuk anda belajar dari modul ini, yaitu:

1.     Membaca, menonton video dan menyimak.

2.     Seperti no.1 dan Anda juga aktif dalam Discussion Forum.

3.     Seperti no 2 dan Anda aktif melakukan tugas serta berbagi di Discussion Forum

Kami ingin mendorong para UCEO onliner untuk melakukan pilihan 3 karena makna berburu peluang baru dapat Anda pahami sampai tuntas bila Anda pernah melakukannya sendiri dan bukan hanya mengetahui tentang itu. Kami memperkirakan 50% atau mungkin lebih dari 50% inti pembelajaran Berburu Peluang terdapat dalam pengalaman melakukannya.

Pembelajaran akan dimulai pada tanggal 18 Mei selama 6 minggu kemudian dengan tujuan materi sebagai berikut ;

Minggu 1: DESIRING (Triggering Event) 
    Peserta mendapatkan wawasan yang lebih luas dan lengkap tentang siapa seorang entrepreneur dan apa yang jadi syarat mendasar untuk membangun diri jadi entrepreneur sukses.

Minggu 2: DISCOVERING
      Peserta paham bahwa proses pertama dalam pembukaan usaha adalah adanya peluang bisnis dan untuk bisa mengidentifikasi peluang perlu memiliki perilaku tertentu, jejaring yang luas dan pengetahuan awal tentang passion dan industri yang berkaitan dengan passion.

Minggu 3: DISCOVERING 
    Peserta paham bahwa pengetahuan awal tentang tentang pasar, masalah pelanggan dan cara pelanggan dilayani akan membangun kewaspadaan terhadap peluang

Minggu 4: DEVELOPING 
     Peserta paham apa yang jadi passion nya dan betapa pentingnya membangun pengetahuan dan kecakapan yang berkisar tentang passion tsb.

Minggu 5: DEVELOPING  
    Peserta paham apa yang disebut peluang bisnis, apa bedanya dengan ide bisnis, bagaimana memperkirakan besar pasar dan pangsa pasar.

Minggu 6. DEMONSTRATING 
    Peserta pelatihan paham bahwa berkomunikasi secara kreatif dan persuasif dalam waktu pendek itu sangat penting.