Presentasi Video dan Ciri Khasnya

ILUSTRASI PRESENTASI VIDEO (SAMUEL/UCEO)

ILUSTRASI PRESENTASI VIDEO (SAMUEL/UCEO)

Ketika Anda duduk di bangku sekolah atau kuliah dulu, pernahkah Anda menemui guru atau dosen yang menjelaskan pelajaran dengan sangat membosankan? Ketika Anda bekerja di sebuah perusahaan, pernahkah juga menemui karyawan atau klien yang melakukan presentasi tapi tidak menarik sama sekali? 

Melakukan presentasi untuk berbagai tujuan memang membutuhkan kreativitas supaya presentasi yang kita lakukan tidak membosankan dan menarik untuk orang lain. Salah satu cara untuk membuat sebuah presentasi menjadi menarik adalah dengan menyajikan presentasi dalam bentuk video. Presentasi video selain menarik juga dapat membantu orang-orang memahami presentasi yang kita sajikan. 

Apa sebenarnya presentasi video itu? Apa saja fungsi dan ciri-cirinya? Dalam artikel kali ini, akan dibahas mengenai presentasi video, fungsi dari presentasi video, serta ciri khas yang ada dalam sebuah presentasi video.  

ILUSTRASI PRESENTASI VIDEO (SAMUEL/UCEO)

ILUSTRASI PRESENTASI VIDEO (SAMUEL/UCEO)

PENGERTIAN PRESENTASI VIDEO DAN FUNGSI PRESENTASI VIDEO

Presentasi video adalah presentasi yang menggunakan video sebagai sarana untuk mengomunikasikan ide atau gagasan. Presentasi video biasanya digunakan untuk memperkenalkan produk atau cara kerja suatu hal/benda melalui gambar dan suara yang direkam.  

Presentasi video umumnyamemiliki dua jenis, yakni presentasi video pembelajaran dan presentasi video penjualan (marketing). Meskipun terbagi menjadi dua jenis yang berbeda, namun presentasi video umumnya memiliki fungsi yang sama. Presentasi video berfungsi sebagai sarana untuk mengomunikasikan ide dan pendapat. Pada presentasi video pembelajaran, presentasi video berfungsi untuk mengomunikasikan ilmu supaya lebih mudah dipahami. Sementara itu, presentasi video pada presentasi video penjualan berfungsi untuk mengkomunikasikan ide atau justru untuk mempromosikan berbagai hal mengenai sebuah produk. Karena fungsi itulah, presentasi video pada marketing haruslah mengemukakan keunggulan dari ide atau produk yang akan disampaikan ke orang lain.

Ide yang dikemukakan menggunakan presentasi video harus menggunakan ide yang asli, benar, dan bermanfaat. Ide asli dalam presentasi video berarti konsep yang digunakan harus berasal dari pemikiran diri sendiri dan bukan merupakan tiruan dari ide orang lain. Selain itu, ide dan gagasan dalam presentasi video tidak boleh menyalahi kaidah keilmuan, artinya konsep yang digunakan dalam presentasi video tidak boleh bertentangan dengan norma dan aturan yang ada.

A photo posted by UCEO (@ciputrauceo) on

CIRI KHAS PRESENTASI VIDEO

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka manusia pun semakin sering menggunakan video untuk mengomunikasikan berbagai hal. Video sebagai media komunikasi pun kini dibagi dalam beberapa kategori berdasarkan tujuan pembuatannya. Jenis video berdasarkan tujuan pembuatannya dibagi menjadi:

  1. Cerita video, bertujuan untuk memaparkan sebuah cerita
  2. Dokumenter video, bertujuan merekam kejadian atau peristiwa nyata yang terjadi sebagai dokumentasi
  3. Berita video, bertujuan memaparkan sebuah berita/informasi
  4. Pembelajaran video, bertujuan untuk memberikan materi pembelajaran agar lebih mudah untuk dipahami
  5. Presentasi video, bertujuan untuk mengomunikasikan sebuah ide atau pendapat 

Untuk membedakan presentasi video dengan jenis video yang lain, maka presentasi video secara khusus memiliki ciri khas yang unik. Ciri khas presentasi video antara lain:

  1. Presentasi video cenderung mudah dibuat, bersifat spontan, dan mengakomodasi keinginan pembuat
  2. Presentasi video tidak memerlukan teknik pengambilan gambar yang rumit, namun teknik pengambilan gambar dalam presentasi video harus menjamin efektivitas komunikasi
  3. Presentasi video biasanya hanya memerlukan alat pengambilan gambar yang sederhana dan mudah dijangkau
  4. Dalam presentasi video, pencetus ide harus terlibat dalam proses, baik sebagai sutradara, pemain, atau bahkan sebagai editor
  5. Tujuan akhir dari presentasi video adalah harus bisa mengakomodasi kelebihan produk dan ide yang disampaikan 

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan jika kita hendak menyusun sebuah presentasi video untuk mempresentasikan produk benda yang telah jadi. Hal-hal yang harus diperhatikan tersebut adalah:

  1. Alur presentasi video harus logis, sebaiknya alur presentasi video dimulai dari permasalahan yang ada, penjelasan mengenai produk, hingga solusi apa yang dapat diberikan oleh produk terhadap permasalahan yang ada
  2. Presentasi video menggunakan urutan naratif, deskriptif, dan penjelasan.
  3. Urutan-urutan yang telah ada dalam presentasi video harus terjaga kontinuitasnya.
  4. Narasi dalam presentasi video hanya digunakan sebagai pengantar dan hanya digunakan untuk menjelaskan hal-hal tertentu.
  5. Untuk memperkuat nilai sebuah produk, maka dapat digunakan kesaksian orang terkenal, ilmuwan, atau praktisi dalam presentasi video
  6. Pada tahap simpulan, sebuah presentasi video dapat pula ditutup dengan menggunakan narasi yang kuat.

 

 

IKUTI KULIAH BISNIS ONLINE & GRATIS UCEO

Apa yang harus kita persiapkan ketika kita ingin menjual suatu produk atau jasa? Kita harus mempunyai trik-trik yang jitu agar para calon konsumen tertarik dan mau membeli produk atau jasa yang kita tawarkan. Apabila dari awal calon konsumen sudah tidak tertarik dengan produk atau jasa yang kita tawarkan, bagaimana mereka mau membeli? Bagaimana mereka percaya terhadap produk atau jasa tersebut?

Untuk menjawab berbagai macam pertanyaan tersebut, Anda harus mempersiapkan sebuah “Presentasi Penjualan”. Presentasi penjualan harus disiapkan secara tepat agar target yang menjadi sasaran mau membeli produk atau jasa tersebut. Presentasi ini begitu penting dan menjadi permulaan yang akan menentukan hasil akhir Anda.

Presentasi penjualan kali ini dikemas dalam konsep “Stand Up Selling”. Stand up selling mengajarkan bagaimana cara membuka presentasi yang menarik, mengetahui permasalahan calon konsumen, memberikan solusi, dan membuat calon konsumen Anda membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Tujuan akhir dari “Stand Up Selling” adalah menjual. Untuk itu ikutilah program studi ini untuk mempertajam kemampuan Anda dan mengetahui lebih banyak tips-tips dalam menjual.